Selasa, 02 Oktober 2012

PENGELOLAAN KONFLIK


Refleksi Modul
1.    Apa  yang dimaksud dengan konflik?
Jawab : Konflik adalah sesuatu yang wajar terjadi di masyarakat, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri. Konflik bertentangan dengan integrasi.
2.    Apa yang dimaksud dengan konflik intrapersonal?
Jawab : konflik yang terjadi dalam diri seseorang, konflik ini terjadi karena seseorang tersebut harus memilih satu diantara dua yang sama- sama berat.
3.    Sebutkan dan jelaskan jenis- jenis konflik intraorganisasi?
Jawab : Konflik intraorganisasi dibedakan ats 4 jenis, antara lain :
·      Konflik vertical ; yaitu antara pimpinan dan bawahan
·      Konflik horizontal ; yaitu konflik antarkaryawan atau antardepartemen yang mempunyai hierarki yang sama
·      Konflik lini-staf ; yaitu konflik antara wirausahawan dengan tenaga administrasi
·      Konflik peran ; konflik yang terjaadi karena seseorang memiliki lebih dari satu peran
4.    Sebutkan perilaku buruk yang akan muncul apabila konflik berkembang di luar kendali!
Jawab :
·      Saling mencurigai
·      Sinis terhadap setiap tindakan pihak lain
·      Berpikir irasional dan emosional
5.    Sebutkan penyebab konflik internal antara perusahaan dengan para karyawan apabila ditinjau dari pihak perusahaan!
Jawab :
·      Tidak produktif
·      Melalaikan kewajibannya
·      Tidak menaati peraturan yang sudah ditetapkan perusahaan
·      Membocorkan rahasia perusahaan
·      Membahayakan ketertiban perusahaan
·      Menyesatkan perusahaan
·      Terlibat suatu kejahatan
6.    Sebutkan factor ekonomi makro yang dapat menyebabkan masalah konflik eksternal perusahaan!
Jawab :
·      Kenaikan pajak dari pemerintah
·      Peraturan- peraturan dari pemerintah
·      Perusahaan pesaing mengobral harga produknya
·      Pemasok sering ingkar janji untuk mengirimkan barang
·      Perang harga produk antarsesama produsen sejenis
7.    Sebutkan pengidentifikasian konflik usaha atau bisnis yang dikemukakan oleh para ahli!
Jawab :
·      Kerugian usaha atau bisnis
·      Ketidakpastian usaha atau bisnis
·      Penyimpanan usaha atau bisnis
·      Probabilitas di dalam hasil usaha atau bisnis dengan yang diharapkan
8.    Sebutkan penyebab timbulnya dampak konflik positif bagi usaha atau bisnis!
Jawab :
·      Produk- produk perusahaan tidak laku
·      Tantangan terhadap usahanya
·      Persaingan usaha atau bisnis yang tidak sehat
·      Hambatan di dalam perkembangan usaha
·      Ada yang menyaingi model dan manfaat produk
·      Hambatan dalam pemasaran produk
9.    Apa yang dimaksud dengan ombudsman?
Jawab : ombudsman adalah orang yang bertugas membantu “mendengarkan” kesulitan yang ada atau dialami oleh karyawan untuk kemudian disampaikan kepada atasan/pimpinan.
10. Mengapa para wirausaha dalam mengelola masalah konflik usaha atau bisnisnya harus mengenal dan belajar bersaing?
Jawab : Agar dapat memecahkan konflik yang sedang dihadapinya.

Lembar Kerja Modul
1.    Apa yang dimaksud dengan konflik interorganisasi?
Jawab : konflik yang terjadi antarorganisasi karena adanya saling pengaruh.
2.    Sebut dan jelaskan 2 tipe konflik!
Jawab :
·      Konflik fungsional ; yaitu konflik yang bisa memperbaiki prestasi perusahaan.
·      Konflik tidak fungsional ; yaitu konflik yang disebabkan karena menurunnya prestasi organisasi.
3.    Biasanya perilaku para wirausahawan/pemimpin mengelola konflik dalam usaha atau bisnisnya selalu berkaitan dengan apa saja?
Jawab :
·      Membuat prosedur penyelesaian konflik
·      Observasi langsung
·      Kotak saran
·      Politik pintu terbuka
·      Mengangkat “ombudsman
4.    Sebutkan penyebab terjadinya konflik eksternal di dalam perusahaan!
Jawab :
·      Pasar berbentuk oligopoly
·      Kampanye pemasaran yang agresif
·      Pemalsuan atas merek suatu produk
·      Pemasok sering ingkar janji untuk mengirimkan barang
·      Perang harga produk antarsesama produsen sejenis
5.    Sebutkan penyebab timbulnya dampak konflik negative bagi usaha atau bisnis!
Jawab :
·      Tantangan atau gangguan terhadap usaha atau bisnisnya
·      Kebutuhan,kemacetan, kendala, dan kegagalan dalam usaha atau bisnisnya
·      Krisis dan kriminalitas dalam usaha dan bisnisnya
·      Saingan dalam model produknya
·      Peningkatan biaya penjualan produk menjadi lebih tinggi
·      Persaingan usaha tidak sehat
·      Barang- barang yang tidak laku dijual
·      Kerugian di dalam usaha atau bisnisnya
·      Penurunan hasil penjualan produknya

Pelatihan Modul
v Objektif
1.    Pertentangan pendapat yang terjadi antara orang- orang atau kelompok- kelompok biasa disebut dengan istilah a. konflik
2.    Pandangan tradisional beranggapan bahwa konflik di perusahaan merupakan hal yang b. wajar terjadi tetapi harus segera diatasi
3.    Langkah awal yang harus ditempuh dalam memecahkan konflik adalah a. mengidentifikasi masalah
4.    Akibat apa yang dapat ditimbulkan oleh konflik disfungsional adalah a. munculnya sikap apriori
5.    Berikut akibat yang dapat ditimbulkan oleh konflik fungsional, kecuali e. menimbulkan rasa subjektif dan emosional
6.    Konflik yang terjadi karena seseorang harus memilih satu diantara dua yang sama- sama berat disebut konflik b. konflik intrapersonal
7.    Konflik yang terjadi antara manejer dengan karyawan disebut konflik a. vertikal
8.    Jika sebuah konflik tanpa ada penyelesaian sama sekali maka perlu ditempuh cara terakhir yaitu dengan melibatkan e. direktur perusahaan
9.    Manfaat yang dapat diperoleh dari adanya konflik adalah a. dapat mengetahui kekurangan dan keinginan
10. Pola konflik biasanya terjadi sebagai berikut, kecuali d. krisis dialihkan
11. Dalam pembentukan  dan pemelihaaraan posisi- posisi konflik yang memegang peranan penting adalah b. keputusan
12. Konflik yang bersifat umum dan lebih penting dalam bidang manajemen adalah konflik d. anggota
13. Berikut ini merupakan salah satu hasil dari sebuah konflik adalah c. perubahan sikap terhadap lawan konflik
14. Dibawah ini merupakan aspek positif dalam konflik, kecuali e. dapat menimbulkan semangat baru yang berlebihan
15. Berikut ini yang bukan salah satu penyebab konflik adalah b. gaji yang memadai

v Essay
1.    Apa yang dimaksud dengan konflik interpersonal?
Jawab : konflik antara satu orang dengan yang lainnya karena adanya perbedaan pendapat walaupun mempunyai tujuan yang sama.
2.    Sebutkan beberapa informasi yang perlu diperhatikan oleh para wirausahawan mengenai para pesaing yang sering menyebabkan masalah konflik!
Jawab :
·      Wirausaha umumnya kurang dibiasakan untuk berkompetisi atau bersaing
·      Semangat dalam bersaing itu merupakan semangat bertanding
3.    Jelaskan penyebab terjadinya konflik secara umum!
Jawab :
·      Pasar berbentuk oligopoly
·      Kampanye pemasaran yang agresif
·      Pemalsuan atas merek suatu produk
·      Pemasok sering ingkar janji untuk mngirimkan barang
·      Perang harga produk antarsesama produsen sejenis
·      Kenaikan pajak yang menyebabkan turunnya permintaan
·      Peraturan pemerintah, seperti larangan memproduksi suatu produk
4.    Bagaimana cara untuk menanggulangi masalah konflik usaha dengan para pembeli, pelanggan, dan konsumen?
Jawab :
·      Mengenali persoalan masalah konflik usaha secara umum
·      Menentukan fakta- fakta penting yang berhubungan atau berkaitan dengan masalah konflik usaha
·      Mengidentifikasi berbagai masalah konflik usaha
·      Mengidentifikasi masalah- masalah yang terkait dengan masalah konflik
·      Mencari sumber masalah- masalah konflik
·      Mempertimbangkan berbagai kemungkinan jalan keluarnya dari masalah konflik
·      Memilih jalan keluar penanggulangan masalah konflik usaha secara tepat
·      Memeriksa, apakah cara penanggulangan masalah konflik usaha itu sudah tepat atau belum
5.    Sebutkan langkah yang dilakukan oleh wirausahawan/ pemimpin apabila sudah menyadari bahwa usaha atau bisnisnya akan rawan terhadap masalah konflik negatif!
Jawab :
·      Membuat perencanaan untuk mengatasinya
·      Membentuk tim manajemen usaha atau bisnis
·      Menciptakan hubungan yang baik antara pihak manajemen dengan para karyawan perusahaan
·      Menciptakan inovasi dalam produk dan berani dalam resikonya
·      Menciptakan kualitas produk dan pelayanan primanya
·      Menciptakan program pemasaran produknya, meningkatkan penjualan produknya melalui kerja sama antarperusahaan
·      Meningkatkan kerja keras pantang menyerah dan ulet
·      Melakukan manuver dalam bidang pemasaran
·      Meningkatkan rasa percaya diri

Remedi
1.    Sebutkan jenis- jenis konflik!
Jawab :
·      Konflik intrapersonal
·      Konflik interpersonal
·      Konflik intragrup
·      Konflik intergrup
·      Konflik intraorganisasi
·      Konflik interorganisasi
2.    Apa yang dimaksud dengan konflik intraorganisasi?
Jawab : konflik yang terjadi anatarbagian dalam satu organisasi
3.    Sebutkan penyebab konflik internal antara perusahaan dengan para karyawan apabila ditinjau dari pihak karyawan!
Jawab :
·      Suka mengancam, menghina, dan menganiaya karyawan
·      Sudah tidak bisa menjamin kesejahteraan karyawannya
·      Tidak membayar upah, honor, uang lembur, dsb
·      Melakukan tindakan yang melanggar undang- undang perburuhan
·      Suka melakukan tindakan asusila terhadap karyawannya
·      Pimpinan perusahaan bertindak tanpa perikemanusiaan
4.    Sebutkan manfaat adanya konflik bagi para wirausahawan/pemimpin!
Jawab :
·      Dapat meningkatkan keyakinan wirausahawan bahwa usahanya atau bisnisnya akan berhasil
·      Menjadi pandai dalam membuat keputusan dalam usaha atau bisnisnya
·      Meningkatkan ambisinya untuk maju dalam mengembangkan usaha atau bisnisnya
·      Menjadi pandai berkomunikasi dengan para konsumen dan para pelanggan
·      Memiliki komitmen tinggi dalam tugasnya
·      Mau bertanggung jawab dalam usaha atau bisnisnya
5.    Sebutkan cara untuk mengatasi dan memanfaatkan konflik positif usaha!
Jawab :
·      Menciptakan inovasi- inovasi dan keberanian dalam mengambil resiko usahanya
·      Menciptakan karyawan perusahaan yang produktif dan kreatif
·      Menciptakan manajer usaha yang baik
·      Menciptakan inovasi dan kreatifitasnya
·      Menciptakan kualitas pelayanan primanya
·      Mengatur program pemasaran produk dan jasa
·      Memanfaaatkan informasi tentang apa yang terjadi dalam diri para pesaing
·      Melakukan maneuver dalam bidang pemasaran



Pengayaan
1.    Sebutkan pengidentifikasian konflik internal perusahaan yang berhubungan dengan aspek SDM!
Jawab :
·      Para eksekutif puncak dan pekerja
·      Para karyawan perusahaan
·      Hubungan industry dan perselisihannya
·      Tidak beretika dalam bisnis
2.    Bilamana seorang wirausahawan dikatakan dapat mengelola masalah konflik dengan baik?
Jawab : Apabila konflik tersebut tidak datang lagi kedalam usahanya
3.    Jelaskan mengenai politik pintu terbuka dalam upaya menemukan konflik!
Jawab : yaitu manajemen/ pimpinan membuka akses secara langsung untuk menerima keluhan karyawan.
4.    Sebutkan langkah- langkah yang harus diambil oleh manajemen apabila dalam organisasi terjadi konflik!
Jawab :
·      Menerima dan mencari pokok masalah yang menimbulkan ketidakpuasan
·      Mengumpulkan keterangan/ fakta
·      Menganalisis dan memutuskan
·      Memberikan jawaban
·      Tindak lanjut
5.    Sebutkan lima kecendrungan yang dimiliki seseorang dalam mengelola sebuah konflik yang dikemukakan oleh Thomas!
Jawab :
·      Menghindari
·      Kompetisi
·      Kompromi
·      Kolaborasi
·      Adaptasi
6.    Jelaskan mengenai persiapan para wirausahawan terhadap masalah konflik!
Jawab : Membentuk suatu wadah untuk menampung keluhan dan perasaan ketidakadilan yang dirasa karyawan
7.    Sebutkan pengidentifikasian konflik usaha atau bisnis!
Jawab :
·      Kerugian usaha atau bisnis
·      Ketidakpastian usaha atau bisnis
·      Penyimpangan usaha atau bisnis
·      Probabilitas di dalam hasil usaha atau bisnis dengan yang diharapkan
8.    Apa yang dimaksud konflik intergroup?
Jawab : konflik yang terjadi antarkelompok yang disebabkan karena adanya saling ketergantungan, perbedaan persepsi, perbedaan tujuan, dan sebagainya
9.    Sebutkan langkah- langkah dalam penanggulangan masalah konflik usaha!
Jawab :
·      Menerima dan mencari pokok masalah yang menimbulkan ketidakpuasan
·      Mengumpulkan keterangan/ fakta
·      Menganalisis dan memutuskan
·      Memberikan jawaban
·      Tindak lanjut
10. Salah satu cara untuk mengatasi dan memanfaatkan konflik positif adalah memetakan seperangkat prosedur operasi. Jelaskan maksudnya!
Jawab : maksudnya adalah mengembangkan inovasi- inovasi yang telah di pikirkan tersebut.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar